Jumat, 12 Oktober 2012

My Trading Style: Support - Resistance, Contoh Kasus

Harga Emas  di tanggal 11 Oktober 2012 - 12 Oktober 2012


Banyak orang bertanya-tanya bagaimana saya melakukan trading. Setiap kali saya menjawab bahwa saya sudah tidak lagi memakai technical yang rumit, maka mereka banyak yang tidak percaya dan menganggap saya tidak mau mengatakan yang sebenarnya. Di sini akan saya berikan contoh nyata dari pergerakan harga emas di tanggal 11-12 Oktober 2012.
Dalam beberapa kali postingan saya, saya selalu menyebutkan bahwa saya memakai chart dengan time frame 5 menit (M5). Saya juga selalu mengatakan bahwa saya adalah seorang trader dengan tipe scalper, walaupun sering juga saya menahan posisi saya sampai beberapa hari lamanya, namun umumnya saya adalah seorang trader yang menyukai speed yang tinggi dalam trading saya.
Dari contoh grafik di atas, dapat anda lihat bahwa pergerakan emas dari tanggal 11 Oktober malam (GMT +7) sampai dengan sekitar jam 16 sore tanggal 12 Oktober 2012, membuat pergerakan sideways di sekitar range 1767,5 - 1770,5.
(Perhatikan bahwa saya membuat garis support di sekitar 1767,5 dan garis resistance di sekitar 1770,5). Dalam trading style yang saya lakukan, apabila garis Resistance dan Support (R/S) sudah bisa saya tentukan, maka saya mulai mengambil posisi, yaitu dengan melakukan BUY di sekitar garis support dan segera menutup posisi di sekitar garis Resistance, demikian juga sebaliknya.
Dari pengalaman saya selama ini, pergerakan harga emas sangat sering seperti ini, terutama di saat-saat tidak adanya news.

Ada yang bertanya, koq rangenya sempit banget?
Ya, untuk scalping kita tidak perlu membutuhkan range yang besar. Yang kita kejar adalah jumlah trading. Dalam contoh diatas, range 1770,5 - 1767,5 = 3. Bila dipotong dengan spread 0,6 maka masih ada 2,4.
Dengan contoh account minilot, bila kita membuka posisi sebesar 1 lot (leverage 1:10) saja, maka itu berarti kita akan mendapat keuntungan 2,4 x $10 = $24. Apabila modal di account minilot tersebut hanya sebesar $1.000 maka itu berarti sudah mendapat keuntungan sebesar 24/1000 x 100% = 2,4%.
Apabila dalam sehari kita bisa melakukan hal tersebut 4 kali saja, maka itu berarti keuntungan hampir 10% dalam 1 hari. Saya rasa itu adalah sebuah tingkat keuntungan yang sudah sangat tinggi.

Bagi anda yang ingin mencoba gaya trading saya, ada beberapa hal yang mungkin perlu anda perhatikan:
1. Hati-hati dalam memutuskan garis R/S anda. Jangan terlalu tergesa-gesa untuk menyimpulkan bahwa harga sudah membentuk R/S. Sebaiknya biarkan pergerakan harga berulang sampai 3 kali bolak-balik di batas yang sama sehingga kita bisa lebih yakin bahwa range untuk daerah R/S sudah terbentuk. Jangan takut terlambat. Umumnya emas akan berulangkali bolak-balik dalam range tersebut.
2. Hati-hati untuk melakukan open posisi. Harga akan berulang di daerah R/S beberapa kali namun tidak selamanya. Saya pribadi biasanya akan mengambil posisi di pengulangan yang ke-4 dan ke-5 saja dan menunggu emas membentuk R/S baru lagi.
3. Jangan membuka posisi di sekitar waktu keluarnya news, apalagi yang impactnya besar karena akan mengacaukan range R/S anda.
4. Jangan membuka posisi mendekati waktu pembukaan pasar London atau New York, karena umumnya harga bisa bergerak melebihi R/S anda.
5. Dan jangan lupa, terapkan risk management yang ketat. Ingat, walaupun metode yang kita lakukan sama, namun anda dan saya tetap mempunyai perbedaan dalam karakter dan penanganan masalah terutama ketika posisi yang kita buka dalam keadaan floating loss.
6. Berlatihlah dengan demo account lebih dahulu dan ketika anda sudah berhasil mendapatkan laba secara konsisten dalam beberapa bulan, maka barulah terjun dengan uang yang real.

Happy profitabe trading

Gold-god

1 komentar:

  1. seminggu yang lalu ane cek webiste dari broker ACY ini gan, yang ane lihat dari fasilitasnya menyediakan kursus online, spread rendah, tingkat keamanan dana terpercaya, namun ane tidak tertarik untuk masuk ke ACY, karena di ACY leverage nya sangat kecil sekali gan.

    BalasHapus